Motto Berkah

Sabtu 22-10-2022. Sambutan Bupati Subang H. Ruhimat, S.Pd., M.Si dalam upacara peringatan Hari Santri Tahun 2022 di lapangan Kantor Kemenag Subang. Beliau menyampaikan pesan tersurat dari Menteri Agama Republik Indonesia.

Presiden Jokowi melalui Kepres No 22 Tahun 2015 menetapkan bahwa setiap tangal 22 Oktober diperingati sebagai hari santri nasional. Hal ini merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang dilatarbelakangi peristiwa 10 November 1945 demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Peringatan Hari Santri Tahun 2022 mengangkat tema : Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.
Maksud tema ini adalah, bahwa santri dalam sejarahnya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri dengan berbagai latar belakangnya selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa. Para santri bersama para tokoh ulama selama perjuangan kemerdekaan hingga kini turut memperjuangkan kemaslahatan umat agama-agama di Indonesia.
Paska kemerdekaan Indonesia, santri terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan selain juga agama. 
Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya. Bagi santri,  agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan.

Peringatan hari santri bukanlah milik santri semata, hari santri adalah milik seluruh komponen bangsa yang mencintai tanah air. Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia apapun latar belakangnya untuk turut serta ikut merayakan hari santri, dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk indonesia.

Melalui momentum acara hari santri tahun 2022 ini mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiyai, para santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa di tempatkan yang terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin Yaa Rabbalalamin.

Mari kita kepalkan tangan, Hari Santri 2022 BERDAYA MENJAGA MARTABAT KEMANUSIAAN.