Motto Berkah

Pada hari ini, Selasa 18 Oktober 2022 telah dilaksanakan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang bertempat di Masjid Baithusshalihin MTs Negeri 1 Subang.

Kegiatan peringatan maulid nabi tahun ini terdiri dari beberapa rangkaian mata kegiatan yang sebelumnya telah dilaksanakan. Pembacaan Al-Barzanji oleh perwakilan peserta didik ditiap kelas dilaksanakan sebagai pra acara pada hari Senin, 17 Oktober 2022 di tempat yang sama. H. Panji Sumpena, S.Pd sebagai ketua bidang Keagamaan MTsN 1 Subang mengungkapkan bahwa tujuan dari acara ini adalah semata untuk menumbuhkan rasa cinta (mahabbah) pada Nabi Muhammad SAW. melalui pembacaan shalawat dan syair siroh nabawiyah (sejarah nabi) dalam kitab Al-Barzanji.

Sebagai acara puncak dilaksanakan tabligh akbar yang dilaksanakan pada Hari Selasa 18 Oktober 2022. Tabligh akbar ini diisi oleh ceramah yang disampaikan oleh K.H. Eka Munawar, S.Ag. Dalam ceramahnya, beliau menyampaikan bahwa wujud meneladani Nabi Muhammad SAW yang bisa kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari yaitu :

  1. Berakhlak baik kepada Allah SWT, yang paling utama adalah meng-Esa kan nya dan beribadah semata-mata hanya karena Allah SWT.
  2. Berakhlak baik kepada sesama dengan cara memberi banyak kebaikan dan manfaat kepada sesama.
  3. Berakhlak baik kepada lingkungan dengan cara memanfaatkan tanpa merusaknya.

Pada acara puncak juga ditampilkan kompetensi dan kreativitas para peserta didik MTsN 1 Subang berupa pembacaan puisi nabi dan seni hadroh.

Alhamdulillah kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.  Bapak H. Nano Munajat, M.Pd mengucapkan banyak terima kasih atas infak materi, tenaga, serta do'a dari seluruh komponen madrasah yang ikut terlibat dan berperan serta. Semoga menjadi ke berkahan untuk semuanya.

Berikut beberapa moment kegiatan yang dapat kami tampilkan.

Peserta didik melantunkan kitab Al-Barzanji
Para peserta didi mengikuti Tabligh Akbar
Salah satu peserta didik bersama Penceramah

Lihat video kegiatan di sini.